Senin, 29 Oktober 2007

Sawahlunto dan Pariwisata


Sawahlunto dan Pariwisata

Seluruh daerah kabupaten/kota di Sumbar memiliki obyek wisata masing-masing. Masing-masing obyek yang dimiliki itu berbeda karakteristik masing-masingnya. Dengan demikian, setiap kabupaten/kota bisa pula berkreasi sendiri untuk mengembangkan pariwisata itu tanpa membangun sesuatu yang sudah ada di kabupaten atau kota lain.

Seperti Kota Sawahlunto, memiliki sebuah ide untuk membangun sebuah obyek wisata yang belum dimiliki oleh daerah lain. Ide itu pun dijalankan dan ide itu bisa terwujud dengan sebuah bukti yaitu hadirnya Water Boom di tepi Jalan Lintas Sumatera Muaro Kalaban.

Dengan adanya Water Boom sebagai salah satu aset wisata, telah bisa menambah pendapatan daerah bagi Kota Sawahlunto. Apalagi pada saat lebaran yang lalu telah menarik perhatian pengunjung yang mencapai ribuan orang. Dari hasil penjualan tiket saja, pemasukan PAD untuk Kota Sawahlunto mencapai Rp 500 juta.

Selain itu, juga ada obyek wisata lainnya seperti pacuan kuda dengan alamnya yang indah dan asri. Walau pada awalnya hanya bisa untuk pertandingan dan perlombaan regional, namun kini sudah bisa untuk nasional. Malahan, beberapa waktu yang akan datang akan digelar disana pertandingan pacuan kuda tingkat internasional.

Di lingkungan yang asri dan indah itu juga ada sebua objek wisata yaitu Taman Satwa Kandi. Walau tidak terkenal seperti kebun binatang yang ada di Sumbar, namun cukup untuk memuaskan pengunjung yang datang kesana.

Karenanya, Kota Sawahlunto dengan Kota Kuali ini bertekad memajukan negeri dengan pariwisata. Hal itu sesuai dengan tekadnya sejak awal masa jayanya karena Tambang Batubara yang telah menjadi "Kota Wisata Tambang yang Berbudaya". Karena Tambang Batubara telah menjadikan negeri yang dilingkung oleh bukit itu dihuni oleh berbagai etnis dan suku bangsa.

Mulai dari keturunan Belanda, Jepang, Jawa, Sunda, Melayu, Kalimantan, Cina dan lainnya. Hal ini menjadikan Kota Sawahlunto daerah yang berbeda dari daerah lainnya di sumbar. Dia memiliki keragaman yang tidak bisa dicontoh daerah lain. Walaupun berbeda, namun sangat jarang sekali terjadinya keributan, sehingga keamanan pun bisa dijamin. (Pitos)


Tidak ada komentar: