Kamis, 29 November 2007

Layanan Mobile Wallet Telkomsel Pertama di Indonesia

PADANG, METRO

Menandai hadirnya era baru layanan mobile commerce di Indonesia, Telkomsel meluncurkan layanan mobile wallet yang diberi nama Telkomsel Cash (T-Cash), Rabu (28/11) di Jakarta. Dimana dengan ponselnya kini pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, pembayaran jasa dan transaksi-transaksi lainnya.

General Manager Grapari Telkomsel Padang, Irwan C Hermawan kepada POSMETRO menyebutkan, layanan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan adanya layanan transaksi non tunai mobile commerce. Dimana ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi dengan cara yang mudah, cepat dan aman.

Dalam menghadirkan layanan ini, Telkomsel menjadi integrator sekaligus service provider yang didukung oleh Bank Indonesia (regulator), Merchants penjual barang dan jasa (Indomaret, Modern Foto dll). Bank sebagai tempat penyimpanan dana (BNI, BRI, Mandiri, dsb), Departemen Pendidikan Nasional sebagai penyedia konten akademis yang bisa dibeli dari berbagai perguruan tinggi (silabus dan jurnal ITB, ITS, UGM, UI dll), serta Finnet sebagai switching provider untuk settlement dan rekonsiliasi.

Dikatakan Irawan, Direktur Utama Telkomsel, Kiskenda Suriahardja mengatakan, “Sebagai service leader, kami terus berupaya memandu perkembangan industri selular di Indonesia dengan menghadirkan ragam inovasi layanan yang menjadi manfaat bagi masyarakat, lingkungan bisnis dan negara. Layanan ini kami hadirkan dalam upaya mendukung program Bank Indonesia dalam menyediakan ragam instrumen pembayaran non tunai yang efisien, cepat, tepat dan aman”.

Sistem pembayaran ibarat aliran darah yang menggerakkan dan melancarkan organ-organ seperti jantung dan otak, di mana sangat berpengaruh pada cepat lambatnya perputaran roda perekonomian negara. Kehadiran layanan T-Cash ini tentunya semakin melengkapi ragam instrumen pembayaran non tunai yang ada di Indonesia saat ini (kartu ATM, kartu debet, karti kredit, cek dan lain sebagainya)

Untuk saat ini pelanggan Telkomsel dapat menikmati layanan ini di konter-konter Indomaret dan Fuji Image Plaza (Modern Photo). Kedepannya wilayah layanan T-Cash akan terus diperluas mengarah pada 10 lokasi utama yakni : Supermarket, pusat perbelanjaan, angkutan umum, vending machine, pertokoan, rumah sakit, toko buku, restaurant, pom bensin, dan department store.

“Bagi Telkomsel, pengembangan inovasi layanan mobile wallet ini merupakan bagian dari tiga pilar strategi business perusahaan yakni coverage, quality enhancement, dan new business. Layanan ini termasuk bagian strategi membangun new business yang tentunya selalu diiringi oleh perluasan coverage yang menjangkau masyarakat hingga pelosok tanah air dan peningkatan kualitas layanan yang terus menerus”, ungkap Kiskenda

“Dalam hal kecepatan implementasi untuk menghadirkan kemanfaatan lebih kepada masyarakat luas, tentunya dibutuhkan adanya komitmen untuk secara bersama-sama memberikan yang terbaik sesuai perannya masing-masing pihak yang terkait. Upaya sinergi ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab melayani masyarakat Indonesia sekaligus meningkatkan keunggulan kompetitif negara menghadapi tren global”, tegas Kiskenda.

Dengan diluncurkannya layanan mobile wallet oleh Telkomsel maka kini Indonesia telah sejajar dengan negara maju di berbagai belahan dunia yang telah mengimplementasikan layanan transaksi non tunai modern ini, seperti : Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Malaysia, Philipine, dan Afrika Selatan. (nph)

Tidak ada komentar: