Senin, 19 November 2007

Tabuik Penarik Wisatawan datang ke Padang

PADANG, METRO

Ternyata, ujung-ujung dari helat Hoyak Tabuik Paiaman di Kota Padang ini adalah untuk menarik wisatawan datang ke Kota Padang. Karena Tabuik merupakan sebuah budaya yang menarik dan unik, maka patut untuk di lestarikan dan diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Sumbar dan masyarakat Indonesia.

Begitu disampaikan Wakil Walikota Padang, Yusman Kasim ketika ditemui POSMETRO ketika menghadiri Tabuik Parak Karambia Naiak Pangkek di Taman Budaya Padang, Minggu (18/11).

Pada kesempatan itu, dijelaskan Yusman Kasim, sebagai salah seorang warga Pariaman yang ada di Padang, maka dirinya tidak akan lupa dengan yang namanya Tabuik. Karena hal ini sudah menjadi budaya masyarakat Sumatera Barat. Walau Tabuik di gelar di Pariaman, akan tetapi pada hari H Hoyak Tabuik ini, masyarakat dari seluruh penjuru Sumbar berdatangan ke Pariaman untuk menikmati prosesi Hoyak Tabuik ini.

Selain itu, tambah Yusman, dengan diadakannya Hoyak Tabuik ini di Kota Padang, selain menyemarakkan acara Halal Bil Halal Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) juga diharapkan bisa mengangkat nilai pariwisata Kota Padang di mata wisatawan asing maupun lokal dan regional. Sehingga tourist mempunyai tujuan tambahan datang ke Kota Padang.

"Karenanya, kita menjadikan Tabuik ini salah satu objek wisata. Sehingga, semua orang kenal dan menarik mereka untuk datang ke Kota PAdang ini," tutur Yusman. (nph)

Tidak ada komentar: