Rabu, 09 Januari 2008

Sentra Bunga Hias

Profil Lurah Lubuak Minturun

LUBUAK MINTURUN, METRO

Kelurahan Lubuak Minturun Kecamatan Koto Tangah yang hutannya berbatasan langsung dengan Kabupaten Solok ini terkenal dengan kendisi daerahnya yang asri dan sejuk. Selain berdekatan dengan hutan dan perbukitan, semakin indah dengan adanya industri bunga hias di sepanjang jalan menuju Objek Wisata Alam di Kelurahan Lubuak Minturun tersebut. Namun, jumlah industri bunga hias ini masih relatif kecil.

Lurah Lubuak Minturun, Afrizon kepada POSMETRO di ruang kerjanya mengatakan, daerah kita termasuk luas. Namun, sekitar 30 % masih hutan sebagai paru-paru kota yang memproduksi oksigen untuk pernapasan. Sehingga daerah ini masih asri dan sejuk. Maka daerah ini sangat berpotensi untuk pembibitan tanaman dan telah dimulai dengan industri bunga hias.

"Lagipula, hutan kita berbatasan langsung dengan Kabupaten Solok. Namun ada beberapa sudut yang telah rusak akibat adanya penebangan liar. Sehingga, pada saat musim hujan kemarin daerah ini ditimpa bencana banjir dan bendungan irigasi untuk mengairi sawah warga jebol. Akibatnya, saat ini warga terancam terlambat memulai untuk bercocok tanam," ungkap Afrizon.

Ditambahkan Afrizon, mengenai industri bunga hias ini, walaupun belum banyak hanya sekitar 5 %, namun cukup membantu perekonomian masyarakat. Karena, selain menyerap tenaga kerja 1 hingga 5 orang, uang yang berputar juga tinggi sesuai dengan modalnya yang mencapai ratusan juta. Berhubung, harga bunga tersebut mulai dari puluhan ribu hingga mencapai ratusan juta. Pembelipun tidak saja dari dalam Kota Padang, juga ada dari luar kota serta pejabat.

Mengenai kehidupan petani dikatakan Afrizon, dari luas total wilayah, 60 % adalah areal pertanian. Daerah itu akan digunakan oleh warga yang sekitar 80 % dari total penduduk 6.835 jiwa bekerja sebagai petani. Mereka berada di 7 RW dan 23 RT yang ada di Kelurahan Lubuak Minturun ini. Hasil dari pertanian ini seperti sayur mayur dan beras serta palawija. Selain petani, 10 % penduduk bekerja sebagai swastawan, 5 % PNS dan lainnya 5 %.

"Mengenai pendidikan warga, rata-rata adalah SLTA yang berjumlah sekitar 35 %. Sedangkan yang berpendidikan SLTP sekitar 30 % dan S1 sekitar 3 %. Selebihnya juga ada yang masih sekolah dan ada yang putus sekolah. Namun, putus sekolah ini bukan karena kurang biaya, namun karena pengaruh lingkungan. Sedangkan tamatan SLTA yang tidak menyambung ke perguruan tinggi memang ada karena kekurangan biaya. Namun itu bukan karena ekonomi, tetapi karena tingginya biaya di perguruan tinggi. Baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS)," terang Afrizon.

Sementara itu, lanjut Afrizon, dari total jumlah penduduk, sekitar 480 kepala keluarga (KK) adalah keluarga miskin. KK tersebut ada yang perempuan adan ada yang laki-laki. Namun lebih banyak KK yang perempuan. Karena mereka ada yang ditinggal cerai dan ada yang ditinggal mati. (nph)

Tidak ada komentar: